Kamis, 11 Februari 2016

pendekatan pembelajaran klinik



Pengajaran klinik dilakukan oleh        ;
1.      Pembimbing klinik
2.      Supervisor
3.      Preseptor
4.      Individu/ kelompok

1.      Supervisi klinik
Adalah seorang praktisi profesional yang mampu menjalin “ interaksif profesiaonal parnership” dimana ada upaya untuk membagi tanggung jawab kepada supervisi untuk menstimulasi refleksi kritis, memeriksa dan mengkaji penampilan profesional, serta memberikan suport dan perhatian.
2.      Preseptoring
Pengertian
Kitchin 1993
Suatu bentuk dari pembelajaran klinik individu yang membantu individu tersebut menjadi lebih ahli di dalam strukur organisasi dan profesional
Craven 1993
Suatu program pembelajaran yang terorganisasi dan terencana yang mana staf perawat preceptor meningkatkan keterlibatan perawat baru
Adalah seorang praktisi yang memiliki pengalaman di bidangnya yang mampu memberikan support kepada preseptee sehingga memahami perannya dalam hubungan kesejawatan.
Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar, memperoleh pengalaman dan praktek keperawatan dalam lingkungan yang aman bagi pasien dan mahasiswa

Tugas         :
-          Memberi suport
-          Supervisi
-          Memonitor proses belajar
-          Menilai penampilan mahasiswa


Peran        :
-          Menyakinkan bahwa mahasiswa dapat mencapai tujuan belajar
-          Mahasiswa dapat di evaluasi secara proporsional
-          Tercapai 3 partnership antara mahasiswa, akademi dan preseptor

Tanggung jawab preseptor :
-          Mengorientasikan mahasiswa ke unik keperawatan/kebidanan dan klien
-          Meriview tujuan belajar dan menyediakan anjuran bagi berlangsungnya pengalaman belajar
-          Melakukan supervisi
-          Bertanya kepada mahasiswa dan membawa pada situasi yang menantang sesuai dengan tujuan belajar
-          Memfasilitas belajar
-          Bersikap role model
-          Memfasilitasi mahasiswa untuk mengakses sumber belajar
-          Mengindentifikasi kebutuhan
-          Mengorientasikan mahasiswa ke unit pelayanan dan klien
-          Meriview tugas belajar
-          Melakukan supervisi
-          Membawa mahasiswa kesituasi yang menentang
-          Memfasilitasi belajar
Ø  Bersikap role model
Ø  Fasililtasi akses sumber belajar

Implikasi perceptoring dalam praktik kebidanan        :
Ø  Di terapkan pada situasi dimana mahasiswa baru memulai awal praktek
Ø  Mahasiswa akan lebih senang
Ø  Waktu panjang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar