MATERI
PEMBELAJARAN
KLINIK
SWHEER
(1972) :
pembelajran klinik
Suatu
sarana yang dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat menerapkan
dasar-dasar pengetahuan teori kedalam pembelajaran melaui pengalaman dengan
menerapkan berbagai keterampilan intelektual dan psikomotor yang diperlukan
untuk memberikan asuhan keperawatan yang berfokus pada klien.
MELECCA
(1978) Pembelajaran klinik menyiapkan mahasiswa untuk
Mengintergrasikan
ilmu pengetahuan yang sebelumnya sudah di dapat dengan penampilan keteramapilan
dan kompetensi yang berhubungan dengan diagnosis, pengobatan dan askep klien
serta untuk memperoleh berbagai macam keterampilan profesional dan berfikir
kritis untuk memasuki sistem pelayanan kesehatan.
Klinik
pembelajaran adalah pusat atau unit yang berfungsi untuk meningkatkan dan atau
memperbaiki kinerja tenaga profesional di bidang pendidikan. Klinik
pembelajaran di bangun dengan pondasi kemitraan antara berbagai lembaga.
Tahapan
pembelajaran klinik :
1. Pengembangan
klinik pembelajaran
2. Kegiatan
uji coba konsep klinik pembelajaran
3. Review
dan pemantapan konsep klinik pembelajaran
4. Sosialisasi
klinik pembelajaran
Tujuan
pembelajaran klinik
Memberikan kesempatan kepada
mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan berfikir kritis, serta mengembangkan sikap,
keterampilan psikomotor, pengetahuan, manajemen waktu, dan keterampilan
penyelesain masalah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar